Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Peralihan sistem pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi telah menjadikan perubahan paradigma berbagai unsur penyelenggaran pemerintahan, termasuk pendidikan. Hal ini telah mendorong adanya perubahan dari berbagai aspek pendidikan termasuk kurikulum . Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru sehingga mengalami perubahan – perubahan


Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Berdasakan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional Pasal 36 ayat 2 di tegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan di kembangkan dengan prinsip divesifikasi sesuai denan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.


Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang di susun dan dilaksanakan oleh masing – masing  pendidikan. Dengan demikian guru di harapkan menjadi lebih mengenal dengan baik  merasa lebih memiliki kurikum tersebut. Penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar kurikulum selalu sesuai dengan tuntutan kebutuhan.


Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Satuan pendidikan ( KTSP) diharapkan mencakup sikap, pengetahuan ketrampilan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. KTSP dengan demikian merupakan acuan bagi perwujudan sekolah yang efektif, prodoktif, dan berprestasi.


Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD Negeri, dikembangkan perwujudan dari kurikulum Pendidikan Dasar menengah. Kurikulum ini di susun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah di bawah koordinasi dan supervisi Kepala Dinas Pendidika Kota Lhokseumawe serta dengan bimbingan nara sumber dan tim bimbingan tehnis pengembangan KTSP Pendidikan Dasar, Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas, Jakarta.KTSP ini merupakan sebuah dokumen yang akan di implementasikan sebagai panduan proses pembeljaran, baik di kelas maupun di luar kelas. Pembelajaran hendaknya berlangsung secara efektif dan efesien yang mampu membangkitkan aktifitas dan kreatifitas peserta didik. Dalam hal ini para pelaksana kurikulum di tuntut untuk melaksanakannya sesuai dengan karakteristik daerah kota.

Tag : Education
0 Komentar untuk "Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan"

Back To Top